CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 24-06-2023 16:33:08

Ihram adalah salah satu tahapan penting dalam menunaikan umrah. Ihram adalah keadaan suci yang harus dipenuhi oleh seorang musafir sebelum memasuki Mekah untuk menjalankan ibadah umrah. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang pengertian ihram, persiapan sebelum ihram, serta tuntunan dalam menunaikan ihram umrah berdasarkan dalil-dalil hadis yang relevan.

1. Pengertian Ihram

Ihram merupakan keadaan suci yang harus dipenuhi oleh seorang musafir sebelum memasuki Mekah untuk menjalankan ibadah umrah. Ihram mencakup serangkaian tindakan dan kondisi yang diwajibkan, seperti mengenakan pakaian ihram, membatasi beberapa aktivitas, dan memfokuskan diri pada ibadah kepada Allah SWT.

Dalil hadis yang menjelaskan pentingnya ihram dalam menunaikan umrah adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Abdullah bin Umar RA:

"Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, 'Siapa pun yang memasuki Mekah melalui salah satu dari tujuh jalur masuknya dan mengenakan ihram, maka hendaklah dia melaksanakan haji jika dia mampu melakukannya, atau umrah jika dia hanya mampu melakukannya.'"

Hadis ini menunjukkan bahwa ihram adalah syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan ibadah umrah di Mekah.

2. Persiapan Sebelum Ihram Umrah

Sebelum memasuki keadaan ihram, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah persiapan penting sebelum ihram umrah:

a. Mempelajari tuntunan dan rukun-rukun umrah: Sebelum berangkat, penting untuk mempelajari tuntunan dan rukun-rukun umrah secara mendalam. Bacalah literatur dan panduan umrah, ikuti seminar atau ceramah tentang umrah, dan perbanyaklah pengetahuan Anda mengenai tuntunan umrah.

b. Menyelesaikan persiapan administratif: Pastikan Anda telah memiliki paspor yang masih berlaku, visa umrah, dan tiket perjalanan. Uruslah semua dokumen administratif dengan teliti agar perjalanan Anda berjalan lancar.

c. Persiapan fisik dan kesehatan: Menunaikan umrah membutuhkan kondisi fisik yang sehat. Sebelum berangkat, pastikan Anda menjaga kondisi kesehatan dengan pola makan yang seimbang, berolahraga, dan istirahat yang cukup. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum berangkat.

3. Tuntunan dalam Menunaikan Ihram Umrah

Setelah persiapan dilakukan, saatnya memasuki keadaan ihram. Berikut adalah tuntunan langkah-langkah dalam menunaikan ihram umrah:

a. Niat: Segera setelah memasuki miqat (tempat yang ditentukan untuk memasuki ihram), berniatlah dalam hati untuk menunaikan umrah dengan ikhlas dan penuh keikhlasan semata karena Allah SWT.

b. Mandi dan berpakaian ihram: Mandi wajib sebelum memasuki keadaan ihram. Setelah mandi, kenakanlah pakaian ihram yang terdiri dari dua lembar kain yang sederhana, yaitu kain penutup badan dan selendang. Pakaian ihram ini berbeda antara pria dan wanita.

c. Membaca talbiyah: Mulailah membaca talbiyah setelah berpakaian ihram. Talbiyah adalah ucapan yang diucapkan dengan penuh kesungguhan yang berarti, "Labbaik Allahumma labbaik, labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni'mata laka wal mulk, laa syarika lak." Artinya, "Aku datang memenuhi panggilanMu, ya Allah. Aku datang memenuhi panggilanMu. Tidak ada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat, dan kekuasaan hanya bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu."

Dalil hadis yang menjelaskan tentang pentingnya membaca talbiyah saat berada dalam keadaan ihram adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah RA:

"Bahwa Rasulullah SAW ketika tiba di Mekah mengucapkan talbiyah dan beliau juga mengucapkannya."

Kesimpulan

Ihram adalah keadaan suci yang harus dipenuhi oleh seorang musafir sebelum memasuki Mekah untuk menunaikan ibadah umrah. Dalam persiapan dan pelaksanaan ihram, penting untuk memahami tuntunan dan dalil-dalil hadis yang relevan. Dengan memahami tuntunan ihram secara lengkap, kita dapat menjalankan ibadah umrah dengan kesadaran dan khusyuk yang lebih tinggi. Semoga artikel ini memberikan panduan yang lengkap dan bermanfaat bagi Anda yang ingin menunaikan umrah.

Sumber hadis: Sahih Bukhari dan Sahih Muslim

*Catatan: Artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak menggantikan sumber-sumber keagamaan resmi. Untuk penjelasan yang lebih mendalam dan akurat, disarankan untuk merujuk kepada ulama atau sumber-sumber keagamaan yang terpercaya.

baca juga artikel berikut :syarat pendaftaran umroh

 

 

Umroh Demak Murah 2023
Nyaman Terpercaya
WA 081175013387

Posting by Admin

Umroh Demak Murah 2023
Nyaman Terpercaya
WA 081175013387

Umroh Demak Murah 2023

seowa

Mengenal Ihram: Panduan Lengkap untuk Persiapan dan Tuntunan dalam Menunaikan Umrah

seobaca



267 Kali