CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 30-06-2023 01:05:22

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik, finansial, dan yang telah mencapai usia baligh. Salah satu aspek penting dalam ibadah haji adalah memasuki keadaan ihram, yang merupakan seragam yang dipakai oleh jamaah haji saat melaksanakan rangkaian ibadah haji. Dalam artikel ini, kami akan membahas ketentuan-ketentuan memakai kain ihram.

Tujuan Memakai Kain Ihram:

Memasuki keadaan ihram adalah langkah awal dalam melaksanakan ibadah haji. Tujuan utama memakai kain ihram adalah untuk menunjukkan kesederhanaan, kesamaan, dan ketaatan kepada Allah SWT. Dalam keadaan ihram, semua jamaah haji dianggap sama, tidak ada perbedaan kasta atau status sosial. Kain ihram juga mengingatkan jamaah haji akan tujuan sejati hidup ini, yaitu mengabdikan diri kepada Allah SWT.

Ketentuan-Ketentuan Memakai Kain Ihram:

a. Niat: Sebelum memasuki keadaan ihram, jamaah haji harus berniat secara tulus dan ikhlas untuk melaksanakan ibadah haji.

b. Tempat: Jamaah haji harus berada di miqat, yaitu titik awal yang telah ditentukan di luar Mekah, sebelum memasuki keadaan ihram.

c. Jenis Kain: Kain ihram terdiri dari dua potong kain putih yang tidak dijahit. Satu potong kain digunakan untuk menutup tubuh bagian atas (izar), sedangkan potongan kain lainnya digunakan untuk menutup tubuh bagian bawah (rida').

d. Jenis Kelamin: Laki-laki harus memakai kain ihram dalam bentuk yang disebutkan di atas. Bagi perempuan, pakaian ihram adalah pakaian syar'i yang mencakup pakaian longgar yang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan tangan.

pengen urroh september 2023 ? segera daftar

beberapa hadist yang menjelaskan mengenai Kain Ihram:

a. Dari Sahal bin Sa'd ra. ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Tidaklah halal bagi seorang laki-laki yang berihram untuk menutup kepala dan wajahnya dengan menggunakan sesuatu hingga mencover kedua kedua telapak tangannya kecuali karena adanya gangguan dari terik matahari atau angin yang keras.'" (HR. Abu Daud) Hadis ini menunjukkan bahwa laki-laki yang berada dalam keadaan ihram tidak boleh menutup kepala dan wajahnya dengan apa pun selama tidak ada keperluan khusus.

b. Dari Abu Hurairah ra. ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Barangsiapa yang memasuki ihramnya dengan berkata, 'Labbaikallahumma labbaika 'Umrah,' maka dia harus mengenakan kain ihramnya. Barangsiapa yang memasuki ihramnya dengan berkata, 'Labbaikallahumma labbaika Haji,' maka dia harus mengenakan kain ihramnya.'" (HR. Bukhari dan Muslim) Hadis ini menjelaskan bahwa seseorang harus menyatakan niat haji atau umrah sebelum memasuki keadaan ihram dan mengenakan kain ihram sesuai dengan niat yang diucapkan.

Kesimpulan:

Memasuki keadaan ihram merupakan langkah penting dalam ibadah haji. Ketentuan-ketentuan memakai kain ihram meliputi niat, tempat, jenis kain, dan perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Beberapa hadis Rasulullah SAW. menjelaskan secara jelas mengenai ketentuan-ketentuan tersebut. Melalui pemahaman yang baik terhadap ketentuan-ketentuan ini, jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan penuh keikhlasan dan kesadaran akan tuntutan agama

baca juga : tips untuk mendapatkan biro umroh

Paket Haji Furoda Murah Pati 2025

Posting by Admin

Paket Haji Furoda Murah Pati 2025

Temukan Haji Furoda Harga 2024 Murah dan Terpercaya! Nikmati perjalanan spiritual yang tak terlupakan dengan biaya terjangkau. Haji Furoda telah terbukti menjadi pilihan yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan ibadah Anda. Dengan harga terjangkau, Anda dapat mengalami perjalanan haji yang berkualitas tanpa mengorbankan kualitas dan kenyamanan. Kami menawarkan paket haj



24 Kali